Senin, 28 September 2015

Men's Talk Jojo dan Papa



Sebelum memulai cerita tentang aktivitas Jojo bersama papa yang kami nama kan men's talk ini, saya mau copas pelajaran yang sangat baik yang tengah kami pelajari dalam buku yang juga merupakan bahan PA keluarga kami " Membesarkan Anak dengan Cara Allah" Berikut kutipannya :

Semua hubungan bergantung pada kepercayaan, khususnya hubungan keluarga. Hubungan suami istri dibangun atas dasar saling percaya, sama seperti hubungan kita dengan anak-anak. Alasan mengapa kita memberikan kebebasan tertentu kepada anak-anak adalah karena kita mempercayai mereka. Dan, yang menjadi alasan mengapa mereka datang kepada kita dengan membawa pelbagai masalah sensitif adalah karena mereka mempercayai kita. Satu-satunya alasan sehinga mereka menerima keyakinan dan nilai-nilai moral yang kita tanamkan adalah karena adanya jembatan kepercayaan yang kita upayakan sungguh-sungguh. Bila mereka mempercayai kita, mereka akan mempercayai setiap ucapan kita dan apa yang kita katakan tentang Tuhan dan firmanNya. Tanpa kepercayaan, yang ada hanyalah suatu kesepakatan untuk tinggal bersama. Tanpa kepercayaan, Anda akan memimpin keluarga dengan cara memaksa. Bila seorang anak tidak dapat lebih percaya kepada ayahnya dibandingkan kepada teman sebayanya, mau tidak mau teman-teman itu akan lebih mempengaruhi dia ketimbang ayahnya. 

Tentu saja, hubungan yang berdasarkan saling percaya tidak terjadi dalam satu malam, melainkan berproses dan untuk membentuknya kita perlu sungguh-sungguh mengusahakannya.

Jojo dan papanya punya satu aktivitas yang baru saja mereka mulai dua bulan terakhir ini : men's talk. Kami dapat tips ini dari seorang senior sekaligus juga mentor kami dalam urusan parenting Bp.Rizal Badudu (many thanks to him ).

APA ITU MEN'S TALK? 
Tentu saja dari arti katanya yaitu obrolan antar pria :) dan men's talk yang ada dalam keluarga kami tidak lain tidak bukan adalah obrolan antara papa dan anak lanangnya Jojo. Mama gak boleh ikutan  hehehe..Tujuan men's talk disini adalah untuk membangun kepercayaan antara Jojo dan papanya.

Ngobrolin apa aja waktu men's talk? apaaaaaaa aja...mereka bisa bercerita tentang aktivitas mereka seharian. Saat men's talk suami juga  ada kesempatan untuk menasehati Jojo dengan suasana yang lebih santai (non conflict time)  dan yang paling Jojo senang adalah mereka sering role play dalam men's talk ini. Misalnya saja malam ini mereka role play untuk mengajar Jojo yang masih suka merengek jika meminta/tidak suka dengan sesuatu, juga role play untuk mengajar Jojo tidak menyela pembicaraan (karena saat  dia error, ini kadang masih terjadi). 

Men's talk hanyalah sarana pendukung. Bukan sekedar mengejar waktu berkualitas dan berkuantitas, sebab praktek waktu berkualitas atau berkuantitas adalah konsep kultural dan bukan konsep alkitabiah. Bukan men's talknya yang penting, melainkan apa yang Jojo dapat dari aktivitas ini, apakah kebutuhannya untuk merasa diterima, dimiliki, dan dikasihi terpenuhi. 

Selamat membangun jembatan kepercayaan ya suami dan anakku sayang..Kiranya jadi awal yang baik untuk menolong Jojo kelak lebih mudah untuk mempercayai Allah dan firmanNya. 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...