Kamis, 17 September 2015

Belajar Sains " Bagaimana Terbentuknya Bumi? "

Malam ini, sebelum tidur saya dan Jojo membaca kitab Kejadian pasal 1 yang mengisahkan bagaimana awal mula bumi dan seluruh isinya diciptakan oleh Allah.

Saya menyadari sepenuhnya kalo sering keliru, agak bingung dengan urutan dan kronologi penciptaan ini mungkin karena selama ini cuma hafal yaa..kurang memahami :D Sebelum membaca bareng, sambil nyuci piring (emak-emak banget..) saya berdoa mohon tuntunan Allah Sang Pencipta itu sendiri untuk mengajar dan memberi pengertian pada Jojo tentang penciptaan ini.

Dan...kegiatan membaca itupun dimulai.. amazing...saat membaca satu demi satu ayat dalam kitab ini, Allah justru mengajar saya lebih dahulu! Ayat-ayat itu terasa begitu hidup, saya seperti masuk ke dalam cerita dan bisa mengerti urutan demi urutan penciptaan ini. Bumi yang tadinya kosong, tak berbentuk, gelap gulita dan Roh Allah yang melayang-layang di atas permukaan air. Dalam kegelapan itu Allah berfirman : "Jadilah terang." Dia memisahkan terang itu dari gelap, dinamakanNya yang terang itu siang dan yang gelap itu malam. Itulah hari pertama. Jadi lebih mudah mengingat apa yang Allah ciptakan di hari pertama yaitu terang, karena sebelumnya bumi masih gelap gulita. Wow..thanks GOD!

Hari kedua, Allah berfirman : "Jadilah cakrawala di tengah segala air untuk memisahkan air dari air." Cakrawala ini dinamakanNya langit, untuk memisahkan air yang ada diatas dan yang ada dibawah. Pada penciptaan di hari pertama, sudah dikatakan di ayat sebelumnya bahwa Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air, maka bisa dibayangkan bahwa sebelumnya bumi ini dipenuhi dengan air. Again, menjadi mudah bagi saya untuk mengingat urutannya bahwa di hari kedua, Allah menciptakan cakrawala/langit.

Sampai disini, tiba-tiba Jojo bertanya : "Ma, Tuhan itu ga' langsung ciptain manusia karena kasihan ya ma?."
"Kasian kenapa?" tanyaku. "Kasian kalo kita ndak punya tempat tinggal, masa tidur di air.." Wow...!! Dia bisa berpikir sampai kesitu?? Kuyakin Tuhanlah yang menuntun pikiran anak kecil ini, membuatnya bernalar sedemikian rupa..untuk sesaat saya tertegun..kagum dengan cara Allah mengajar Jojo..Thanks GOD..

Sekarang kita masuk ke hari yang ketiga. Masih ingat tentang air yang ada diatas langit dan juga dibawahnya? Nah, air yang ada di bawah langit ini Tuhan kumpulkan pada satu tempat, sehingga terlihatlah bagian yang kering. Dia berfirman : "Hendaklah segala air yang dibawah langit berkumpul pada satu tempat, sehingga kelihatan yang kering". Dan jadilah demikian. Allah menamai yang kering itu darat, dan kumpulan air itu dinamaiNya laut. Kereeeeeeeen....Setelah ada daratan, barulah Allah menciptakan tumbuh-tumbuhan...Dia berfirman : "Hendaklah tanah menumbuhkan tunas-tunas muda, tumbuh-tumbuhan yang berbiji, segala jenis pohon buah-buahan yang menghasilkan buah yang berbiji, spaya ada tumbuh-tumbuhan di bumi." Dan jadilah demikian. So, pada hari yang ketiga, jelas kan Allah menciptakan apa? Yup..daratan dipisahkan dulu dengan lautan, setelah itu Dia ciptakan tumbuh-tumbuhan :)

Malam ini, pembacaan kami cuma sampai di hari ketiga dulu, supaya Jojo tidak bosan dan lebih mudah mengingat.

Saya sangaaaat bersyukur, sesungguhnya bukanlah saya yang ngajar Jojo melainkan Allah sendiri lah yang sedang mengajar kami berdua. Bukan hanya lebih mudah mengingat urutan penciptaan itu, melainkan kami belajar karakter Allah yang begitu tertib, kreativ. Luar biasaaaaa...sejak kecil sudah biasa kudengar tentang kisah penciptaan ini, tetapi belum pernah sejelas ini Allah mengajarku. Bagiku ini pengalaman rohani yang membawa sukacita tersendiri..

Bagi kami, inilah pelajaran sains yang sejati..otentik. Dan bukan teori2 tidak jelas yang dibuat oleh manusia. Belajarlah sains dari perspektif yang benar, dari Alkitab ya Jo..

Kuberdoa kiranya kami semua menjadi lebih cinta akan firmanNya, Jojo makin mengenal Penciptanya yang tentu saja lebih hebat dari semua superhero yang diidolakannya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...