Jojo anak yang sangat suka ngomong,
apaaa aja di omongin..sampe-sampe kami orang tuanya sering tarik
napas dalam-dalam untuk sekedar beristirahat saat meladeni dia
ngomong xixixi..sometimes dengan nada bercanda kami julukin dia anak
cumi alias (CUcah MIngkem).
Karena seringnya ngomong, Jojo jadi
punya kebiasaan yang kurang baik. Dia sangat sering memotong
pembicaraan, baik saat kami sedang bicara berdua maupun saat kami
sedang berbicara dengan orang lain (termasuk pelayan toko, kasir,
dll). Tadinya kami biarin aja..karena merasa mungkin ini memang
masanya..jadi gak papa aja deeeh..tapi lama kelamaan selain merasa
terganggu dan tidak enak dengan lawan bicara, kami juga merasa ini
gak bener deeh..kayak anak yang gak pernah dididik aja jadinya..gak
sopan dan jadi tidak menghargai orang lain.
Kebetulan di KTB (Kelompok Tumbuh
Bersama) Pasutri kami, sedang membahas tentang mengajar anak
menghargai orang lain dan salah satunya adalah anak harus diajar
untuk tidak memotong/menyela pembicaraan. Cara yang bisa ditempuh
adalah membuat kesepakatan dengan anak bahwa kalau dia mau bicara
disaat papa/mama sedang bicara dengan orang lain, maka yang dilakukan
anak adalah memegang lengan papa/mama sebagai tanda dia ingin bicara.
Tentu saja, dia baru boleh bicara kalau sudah dibolehkan. Papa/mama
juga harus merespon sentuhan anak dengan memegang tangannya sebagai
tanda papa/mama mengerti bahwa dia ingin bicara. Setelah meminta ijin
kepada lawan bicara, barulah anak diperbolehkan bicara.
Kami mulai menerapkannya satu bulan ini
dan lumayan berhasil. Cuma memang perlu konsisten. Kadang kami lupa
dan reflek memarahi Jojo saat memotong pembicaraan. Padahal tidaklah demikian seharusnya..
Pelajaran yang kami peroleh adalah
ketika mengajar anak untuk tidak memotong/menyela pembicaraan,
motivasinya bukanlah sekedar sopan santun, lebih dari itu anak
belajar untuk menghargai orang lain dan bahwa selain dirinya ada
orang lain juga yang perlu diperhatikan.
Semoga sharing ini bermanfaat bagi
setiap pembacanya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar