Senin, 23 Maret 2015

Belajar Menghargai Orang Lain

Jojo anak yang sangat suka ngomong, apaaa aja di omongin..sampe-sampe kami orang tuanya sering tarik napas dalam-dalam untuk sekedar beristirahat saat meladeni dia ngomong xixixi..sometimes dengan nada bercanda kami julukin dia anak cumi alias (CUcah MIngkem).

Karena seringnya ngomong, Jojo jadi punya kebiasaan yang kurang baik. Dia sangat sering memotong pembicaraan, baik saat kami sedang bicara berdua maupun saat kami sedang berbicara dengan orang lain (termasuk pelayan toko, kasir, dll). Tadinya kami biarin aja..karena merasa mungkin ini memang masanya..jadi gak papa aja deeeh..tapi lama kelamaan selain merasa terganggu dan tidak enak dengan lawan bicara, kami juga merasa ini gak bener deeh..kayak anak yang gak pernah dididik aja jadinya..gak sopan dan jadi tidak menghargai orang lain.


Kebetulan di KTB (Kelompok Tumbuh Bersama) Pasutri kami, sedang membahas tentang mengajar anak menghargai orang lain dan salah satunya adalah anak harus diajar untuk tidak memotong/menyela pembicaraan. Cara yang bisa ditempuh adalah membuat kesepakatan dengan anak bahwa kalau dia mau bicara disaat papa/mama sedang bicara dengan orang lain, maka yang dilakukan anak adalah memegang lengan papa/mama sebagai tanda dia ingin bicara. Tentu saja, dia baru boleh bicara kalau sudah dibolehkan. Papa/mama juga harus merespon sentuhan anak dengan memegang tangannya sebagai tanda papa/mama mengerti bahwa dia ingin bicara. Setelah meminta ijin kepada lawan bicara, barulah anak diperbolehkan bicara.

Kami mulai menerapkannya satu bulan ini dan lumayan berhasil. Cuma memang perlu konsisten. Kadang kami lupa dan reflek memarahi Jojo saat memotong pembicaraan. Padahal tidaklah demikian seharusnya..

Pelajaran yang kami peroleh adalah ketika mengajar anak untuk tidak memotong/menyela pembicaraan, motivasinya bukanlah sekedar sopan santun, lebih dari itu anak belajar untuk menghargai orang lain dan bahwa selain dirinya ada orang lain juga yang perlu diperhatikan.

Semoga sharing ini bermanfaat bagi setiap pembacanya




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...